Kamis, 09 Agustus 2012

KL XII MODUL BHS INDO MEMBACA ARTIKEL


 MEMBACA ARTIKEL

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai diharapkan siswa dapat
  1. Menemukan ide pokok  tiap paragraf
  2. Menemukan kalimat pendukung ide pokok
  3. Menemukan masalah dalam artikel
  4. Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat

APAKAH ARTIKEL ITU ?
ARTIKEL ADALAH SEBUAH BERITA ATAU WACANA YANG MASIH HANGAT TENTANG KETIMPANGAN SOSIAL  YANG ADA DI MASYARAKAT, DITULIS OLEH REDAKSI
Perkembangan wawasan dan pengetahuan seseorang memungkinkan manusia memperoleh berita   dari berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Untuk memahami isi artikel, perlu memahami gagasan utama masing-masing paragraf.
Anda diharapkan mampu membaca secara intensif contoh artikel yang didapatkan dari sebuah media cetak. Sambil membaca, catat gagasan utama tiap paragraf yang Anda temukan Wayang Orang Sriwedari; dari Solo untuk Aceh
Paragraf 1
Pagelaran wayang orang Sriwedari Peduli Aceh yang baru dimulai pukul 21.00 WIB tersebut ternyata cukup direspons masyarakat Solo dan sekitarnya. Hal ini bisa dilihat dari penonton yang memadati gedung itu sampai kursi belakang. Mungkin karena mereka bisa menikmati secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya, sehingga mereka berbondongbondong datang menikmati suguhan wayang orang yang cukup lama tidak terjadi di gedung WO Sriwedari itu.   
Paragraf 2
Mengambil lakon Pandhawa Nugraha, yang disutradarai oleh RT. Riptodipuro, Diwasa, dan Supardi ini berkisah tentang gara-gara yang ditimbulkan oleh Mahapatih Astina Harya Sengkuni untuk menyingkirkan Pandhawa dari Astina membawa hikmah tersendiri. Hal ini awalnya dipicu dengan perebutan kekuasaan antara Pandhawa dan Kurawa sepeninggal Prabu Pandhu Dewanata. Sebenarnya Pandhawa yang lebih berhak atas Astina tidak merisaukan lepasnya takhta ke Kurawa, namun sengkuni merasakan adanya ancaman serius jika Pandhawa masih hidup sehingga berupaya  dengan  berbagai cara    melenyapkan Pandhawa. Termasuk membakar hidup-hidup Pandhawa di Pramanakathi, bangunan yang mudah terbakar. Namun, akhirnya Pandhawa selamat dari maut berkat pertolongan seekor musang putih. Pandhawa  pun selalu memberikan pertolongan di setiap tempat yang disinggahi hingga akhirnya menemukan Kerajaan Amarta
Paragraf 3
Misi utama digelarnya pertunjukan wayang orang ini sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana di Aceh dan Sumatra Utara. Malam itu, memang hampir semua penonton yang masuk ke gedung WO Sriwedari ikut menyumbang untuk dana Peduli Aceh, lewat kotak yang tersedia di pintu masuk.
(Dikutip seperlunya dari harian Solopos, 24 Januari 2007)


No.
Paragraf
Gagasan Utama
Gagasan Pendukung
1

2

3
Pertama

Kedua

Ketiga
Pagelaran wayang orang peduli Acehdi Sriwedari tidak dipungut biaya.


l  Setelah Anda menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap-tiap paragraf tersebut, rangkumlah isi secara keseluruhan dari artikel tersebut berdasarkan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap-tiap paragraf! Kerjakan di buku tugas!

KERJA KELOMPOK
  1. Mendata ide pokok setiap paragraf
  2. Menemukan kalimat pendukung
  3. Menemukan masalah dalam artikel
  4. Rangkumlah isi secara keseluruhan dari artikel tersebut berdasarkan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap-tiap paragraf! Kerjakan di buku tugas! 
  5. Sampaikan kembali isi artikel dengan bahasamu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar