Minggu, 05 Agustus 2012

Mendengarkan Berita dari Mmedia Elektronik


Mendengarkan siaran radio dan menonton acara televisi merupakan kegiatan yang hampir tiap hari kamu lakukan. Seorang penyiar radio atau televisi dalam melakukan kegiatannya akan berusaha seolah sedang berbicara langsung dengan kita. Dia berusaha mengutarakan pokok-pokok yang diinformasikan dengan kalimat-kalimat penjelas, keterangan-keterangan, contoh-contoh, agar para pendengar atau pemirsa memahami betul apa yang ia informasikan.
Mendengarkan informasi untuk kamu pahami, kemudian kamu sampaikan kembali kepada orang lain, bukan sesuatu hal yang mudah. Untuk melakukan kegiatan tersebut, pertama kamu harus menyediakan kertas dan alat tulis untuk mencatat pokok-pokok isi informasi. Kedua, kamu harus bisa membedakan kalimat-kalimat pokok dan kalimatkalimat penjelas yang diutarakan penyiar. Tidak semua yang diucapkan oleh penyiar merupakan hal yang penting. Ketiga, kamu harus mendengarkan apa yang diutarakan oleh penyiar dengan penuh konsentrasi. Hal ini harus kamu lakukan sebab kamu tidak mungkin meminta untuk mengulang apa yang diutarakannya. Keempat, jika kamu akan menyampaikan kembali isi informasi pada orang lain, kamu harus menyusun pokok-pokok isi informasi yang kamu catat dengan bahasa kamu sendiri hingga menjadi informasi yang lengkap, dan tidak berbeda jauh dengan isi informasi asalnya.

1.   Tutuplah buku milikmu!
2.   Dengarkan dan catat pokok-pokok isi informasi dari hasil
      
rekaman radio atau yang akan dibacakan oleh salah seorang
      
temanmu!
3.   Selama temanmu membacakan teks siaran radio, kamu tidak
      
boleh bertanya atau meminta untuk mengulangi apa yang
      
diutarakannya. (Sebagai latihan, temanmu akan membacakan
       teks sebanyak dua kali)
4.   Utarakan kembali isi informasi yang kamu dengar secara lisan
      
di depan kelas dengan menggunakan bahasamu sendiri!
      
Lakukan secara bergiliran!



Teks Siaran Radio
Selamat pagi para pendengar Radio Doski yang setia. Seperti biasa sore hari ini saya Astri, akan menemani Anda sampai 60 menit ke depan dalam acara Bagi-Bagi Informasi. Kali ini Astri ingin membagi informasi pada pendengar semua berkaitan dengan ”Kemajuan Teknologi Mainan”. Okay, sebelumnya dan sebagai pembuka acara pada pagi yang cerah ini, Astri persembahkan terlebih dahulu untuk Anda sebuah lagu berikut ini.

Saudara pendengar, mudah-mudahan Anda masih tetap setia pada frekuensi 98,7 FM Radio Doski yang dipancarkan di Jalan Melati 2 Bandung.
Saudara, sebetulnya banyak anak-anak yang menyukai anjing sebagai binatang piaraannya, dibandingkan binatang lain, seperti kucing, ikan, burung, dll. Tapi, dengan berbagai pertimbangan seperti sudut pandang sosial, kesehatan, maupun religi, banyak orang tua tidak mengizinkan anak-anaknya memelihara anjing di rumah mereka. Tapi faktor yang dominan adalah memelihara anjing tidak semudah dan segampang binatang lainnya.
Saudara pendengar, sekarang Anda sebagai orang tua tidak
perlu lagi khawatir atas keinginan putra-putri Anda untuk
memelihara seekor anjing. PT Sony Elektronik baru-baru ini
mengeluarkan produk baru, mainan anak-anak dengan teknologi
canggih yang diberi nama Aibo. Aibo adalah seekor anjing
elektronik atau robot berbentuk anjing sangat cerdas, yang dapat
Anda hadiahkan kepada anak Anda pengganti anjing sesung-
guhnya.
Saudara, seperti layaknya seekor anjing, bila kita sentuh bagian tertentu Aibo akan melakukan gerakan-gerakan yang lucu, seperti menggerak-gerakkan ekornya, menggonggong, mengangguk-angguk, dan lain-lain. karena pada bagian-bagian tertentu Aibo dilengkapi sensor khusus, sebagai alat kendali sehingga Aibo dapat bereaksi seperti halnya seekor anjing sesungguhnya.
Ada satu hal lagi saudara pendengar, Aibo dapat kita beri nama sesuai keinginan kita. Melalui suatu program khusus Aibo dapat mengenal suara seseorang yang dianggap majikannya. Aibo akan berjalan dan mendekati suara yang memanggilnya. Soalnya, Aibo dilengkapi sensor inframerah dan kamera digital di kepalanya, hingga dia tahu di mana asal suara berada. Seperti halnya seekor anjing sungguhan yang selalu setia mengikuti majikannya.
Saudara sekalian, memang harga robot mainan ini cukup mahal
untuk ukuran penghasilan orang Indonesia. Tapi demi kasih sayang
kita pada anak, kadang harga tidaklah menjadi penghalang, sebab
mahal dan tidaknya sesuatu demi cinta kasih kita pada anak menjadi
sangat relatif.
Baiklah saudara sebelum kita lanjutkan pada info -info
berikutnya, Astri akan putarkan lagu kedua, untuk Anda semua
pada pagi hari ini. Sebuah lagu kenangan, dan mudah-mudahan
dengan lagu ini akan mengingatkan Anda akan masa lalu Anda
yang bahagia.

Sasaran Kompetensi
Dengarkan/simak informasi yang disiarkan melalui radio atau televisi seputar masalah ekonomi (bukan informasi berita). Catat pokok-pokok isi informasi yang kamu dengar atau simak dengan tepat. Ceritakan kembali isi informasi tersebut kepada temanmu di depan kelas. Berikan penjelasan stasiun radio atau televisinya, nama acaranya, jam tayangnya, serta nama penyiarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar